Selasa, 28 Juli 2015

Ninik Mamak / Urang Tuo 7 Suku di Jorong Kampung Darek



Sebagaimana suku-suku lainnya di nusantara, Suku Minang juga terdiri atas banyak suku atau klan tapi menganut sistem matrilineal, yang artinya suku tersebut diwariskan menurut ibu. Di Minangkabau Suku tersebut lazim dikenal Pada awal pembentukan budaya Minangkabau oleh Datuk Ketumanggungan dan Datuk Perpatih Nan Sebatang, hanya ada empat suku induk dari dua kelarasan. Suku-suku tersebut adalah:
Suku Koto
Suku Piliang
Suku Bodi
Suku Caniago

Sekarang suku-suku dalam Minangkabau berkembang terus dan sudah mencapai ratusan suku, yang terkadang sudah sulit untuk mencari hubungannya dengan suku induk.
Dari sekian banyak suku yang ada di minangkabau, di Nagari Tiku Selatan Khususnya di Jorong Kampuang Darek hanya terdapat atau 7 suku yang dominan yaitu :
          1. Suku Koto
Suku koto merupakan satu dari dua klan induk dalam suku Minangkabau. Suku minangkanbau memiliki dua klan (suku dalam bahasa orang minang) yaitu Klan/suku Koto Piliang dan Klan/suku Bodi Chaniago. Kaum suku koto adalah penduduk pertama di Jorong Kampuang Darek yang sudah memiliki +  7 keturunan dan mayoritas penduduk Warga Kampuang Darek bersuku koto.

 .       2. Suku Piliang
Suku Piliang adalah salah satu suku (marga) yang terdapat dalam kelompok suku Minangkabau. Suku ini merupakan salah satu suku induk yang berkerabat dengan suku Koto membentuk Adat Ketumanggungan yang juga terkenal dengan Lareh Koto Piliang.

3      3. Suku caniago
Suku Caniago adalah suku asal yang dibawa oleh Datuk Perpatih Nan Sebatang yang merupakan salah satu induk suku di Minangkabau selain suku Piliang. Suku Caniago memiliki falsafah hidup demokratis, yaitu dengan menjunjung tinggi falsafah "bulek aia dek pambuluah, bulek kato dek mufakat. Nan bulek samo digolongkan, nan picak samo dilayangkan" artinya: "Bulat air karena pembuluh, bulat kata karena mufakat". Dengan demikian pada masyarakat suku caniago semua keputusan yang akan diambil untuk suatu kepentingan harus melalui suatu proses musyawarah untuk mufakat.
  
        4. Suku Tanjung
Suku Tanjung merupakan subsuku dari Suku Minangkabau yang tergolong banyak perkembangan populasinya. Suku ini tersebar hampir di seluruh wilayah Minangkabau dan perantauannya.

        5. Suku Sikumbang
Suku Sikumbang termasuk suku yang banyak berkembang diantara suku-suku Minangkabau. Warga suku ini menyebar di berbagai wilayah Minangkabau baik di luhak, rantau ataupun di perantauan.
  
        6. Suku Jambak
Suku Jambak adalah salah suku di Minangkabau yang bernaung di bawah Lareh Bodi Caniago.

         7. Suku Mandahiliang
Suku mandailiang adalah salah satu pecahan atau perkembangan dari suku induk yang ada di minangkabau.
Dari ketujuh suku yang ada di jorong kampuang darek tersebut, masing-masing suku mempunyai orang Tuo yang memimpin anggota suku/kaumnya dan sekaligus menjadi ninik mamak di Jorong Kampuang Darek, inilah daftar 7 orang tuo suku di Jorong Kampuang Darek :
No
Nama Suku
Nama Urang Tuo
1.
Urang Tuo Suku Koto
Rajudin (Enek)
2.
Urang Tuo Suku Piliang
Unnasri               
3.
Urang Tuo Suku Chaniago
Solman
4.
Urang Tuo Suku  Tanjung
Arman (Bujang)
5.
Urang Tuo Suku Sikumbang
Agustiar
6.
Urang Tuo Suku Jambak
Rostam Efendi
7.
Urang Tuo Suku Mandahiling
Effendi
 
 Demikianlah gambaran ninik mamak atau pemimpin suku yang ada Jorong Kampuang Darek, dan semoga bisa memimpin sanak/kemanakan dan anggota kaum kearah yang lebih baik.
Tarimo kasih,,,
Wassalam,,

0 komentar:

Posting Komentar